Search Blog

Translate

SPONSOR

Thursday, November 24, 2016

APA ITU PEMBERDAYAAN ?


by: Andi Agus Mumang, S.KM

PEMBERDAYAAN merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam rangka memberdayakan individu/kelompok dengan tujuan membimbing dan mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga mampu menciptakan suatu nilai daya guna yang unggul dan berkualitas. upaya pemberdayaan kerap dilakukan karena hal tersebut akan sangat membantu dalam mengaktifkan fungsi dan daya guna suatu individu/kelompok.  

Setiap individu maupun kelompok memiliki fungsi dan peran tertentu dalam sebuah komunitas. masing-masing memiliki potensi yang mampu memberikan nilai guna terhadap peran dan fungsi yang dijalankannya. Adanya potensi tersebut menjadikan kesan yang positif terhadap kemajuan suatu komunitas. Potensi adalah suatu hal yang terkadang tidak semua orang mampu menilainya dan memanfaatkannya sebagai suatu hal yang menguntungkan. Sehingga, terkadang potensi tersebut tenggelam dan membuat pemiliknya merasa tak bernilai apa-apa. inilah yang menuntut adanya peran pemberdayaan. Individu maupun kelompok harus memiliki keinginan untuk bisa mengeksplor potensinya. Usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi tersebut bisa dilakukan dalam cakupan individual maupun kelompok. Sehingga dalam hal secara garis besar pemberdayaan terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Pemberdayaan perseorangan (individual) merupakan upaya yang dilakukan dalam membimbing dan mengembangkan potensi dengan menargetkan individu/personal sebagai sasaran pemberdayaan. Model pemberdayaan seperti ini banyak dilakukan untuk membangun kesadaran portensi personal. contohnya, pemberdayaan mahasiswa yang kurang percaya diri untuk tampil berdiskusi, demam panggung dan lain-lain. Biasanya pemberdayaan seperti ini dilakukan dalam bentuk konseling atau konsultasi.
  2. Pemberdayaan kelompok merupakan upaya yang dilakukan dalam membimbing dan mengembangkan potensi dengan skop target adalah kelompok. Model pemberdayaan seperti ini dilakukan untuk membangun kesadaran potensi kelompok. Contohnya, pemberdayaan keluarga, pemberdayaan masyarakat desa, dan lain-lain. Pemberdayaan seperti ini melihat kebutuhan secara plural.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts