Search Blog

Translate

SPONSOR

Monday, November 28, 2016

SEKILAS TENTANG IMAM MUSLIM

By : Andi Agus Mumang, S.KM


IMAM MUSLIM memiliki nama lengkap Muslim bin al Hajjaj bin Muslim bin Khausyaz Al Qusyairi An Naisaburi dengan kun’yah beliau adalah Abul Husain. Beliau lahir di Naisabur. Adapun terkait tahun kelahiran beliau, ada khilaf diantara para ulama shirah. Ada yang mengatakan beliau lahir tahun 204 H, adapula yang mengatakan beliau lahir pada tahun 206 H. Beliau adalah seorang penuntut ilmu yang sangat bersemangat. Beliau juga sangat pintar dan sangat rajin menuntut ilmu. Diusianya yang baru beranjak remaja tepatnya diusia 12 tahun, beliau telah melakukan perjalanan ke berbagai Negara untuk menuntut ilmu. Terutama ilmu terkait hadist-hadist Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Negara yang pernah dikunjunginya adalah Hijaz (Makkah dan Madinah), Syam, Irak, dan Mesir. Guru-guru yang pernah ditemuinya adalah Yahya bin Yahya, Ishak bin Rahoyah, Muhammad bin Ihram, Said bin Mansyur, dan lain-lain. Setelah beliau berkelana jauh beliau akhirnya kembali ke Baghdad dan menetap disana pada tahun 259 H. diantara murid beliau adalah Abu Hatim Ar-Razi’, Abu Isa At-Tirmidzi. Diantara pujian ulama kepada imam muslim diantaranya :

Ibnu Sholah berkata,” Derajat beliau bagai bintang dilangit dan ilmunya menjadi hujjah.”

Abu Ali Al Husain berkata,” Tidak ada kitab yang paling shohih dibawah langit selain kitab Imam Muslim”. Terkait pernyataan ini tidak kemudian disimpulkan bahwa kitab Shohih Muslim adalah yang terbaik daripada Kitab Shohih Bukhari karya Imam Bukhari. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa kitab terbaik setelah Al-Qur'an adalah kitab Shohih Bukhari. Hanya saja perkataan ini mengunggulkan shohih muslim dari sisi penyusunannya yang memang lebih unggul dan lebih teratur ketika dibandingkan dengan Kitab Shohih Bukhari.

Diantara beberapa karya yang beliau hasilkan yang paling terkenal adalah Shohih Muslim dengan nama asli kitabnya adalah Al-Musnad  Ash-Shahih Al-Mukhtashar Minas-Sunan Bin-Naqli Al-‘Adl ‘Anil ‘Adl ‘An Rasulillah. Diantara kitab lainnya adalah kitab Al Asma wal kunan, Al Akram, Al Musnad Al Kabir min Rijal, dan Al Illal.

Beliau mengumpulkan hadist yang pernah didengarnya sejumlah 300.000 hadist. Beliau menulis kitab shohih muslim selama 15 tahun dengan jumlah hadist yang ditulisnya 12.000 hadist. Beliau mencantumkan hadist dengan hujjah, begitupun dengan mengeluarkan hadist. Metodologi penulisan hadist beliau adalah beliau tidak merawikan hadist kecuali dari perawi yang adil. Selain itu, hadist tersebut musnad, mu’tasil dan marfu’. Selain itu, dalam kitab Shohih Muslim tidak memuat seluruh hadist shohih. Karena, disebabkan beliau hanya menulis hadist yang umumnya menurut para ahli hadist shohih bukan apa yang menurut imam muslim shohih. Syarah imam muslim yang paling terkenal adalah syarah yang ditulis oleh Imam An-Nawawi yang berjudul Al Minhaj Syarah Muslim. Adapun ringkasan kitab beliau yang terkenal adalah Muktasar Al Mundziri karya Imam Al Mundziri. Beliau wafat pada Ahad Sore di Naisabur pada tahun 261 H diusianya 65 tahun.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts