Search Blog

Translate

SPONSOR

Tuesday, December 13, 2016

ILMU KESEHATAN MASYARAKAT : TINGKATAN PENCEGAHAN (LEVELS OF PREVENTION)




By : Andi Agus Mumang, SKM

Awalnya, konsep kesehatan (ket : pengobatan) mencakup empat komponen meliputi :
  1. Promosi kesehatan (the promotion of health)
  2. Pencegahan Penyakit (prevention of ilness)
  3. Restorasi Penyakit (the restoration of sick)
  4. Rehabilitasi (rehabilitation)

Konsep ini dikemukakan oleh seorang tokoh bernama Sigerist. Selanjutnya, konsep ini diadopsi oleh Leavell dan Clark lalu kemudian dimodifikasi menjadi beberapa tahapan yang mereka sebut dengan istilah levels of prevention :

Pencegahan Primer (Primary Prevention), merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan sebelum terjadinya gangguan/masalah kesehatan dengan senantiasa mengedepankan prinsip “flexible lines of defense” yakni berupaya mencegah dan mengurangi segala faktor risiko yang memungkinkan memicu gangguan/masalah kesehatan. Adapun bentuk pencegahan primer secara garis besar digambarkan dalam bentuk sebagai berikut:
  • Promosi Kesehatan (Health Promotion
  • Proteksi Spesifik (Specific Protection)

Pencegahan Sekunder (Secondary Prevention), merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan ketika telah ada gejala/masalah kesehatan yang muncul dengan senantiasa berpegang pada prinsip “internal lines of resistance” yakni berupaya mengurangi faktor risiko melalui peningkatan faktor-faktor resisten. Bentuk pencegahan sekunder yang utama adalah :

  • Diagnosis Dini dan Pengobatan Tepat (Early diagnosis and Prompt Treatment)
Pencegahan Tersier (Tertiary Prevention), merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan setelah mengalami kejadian sakit/gangguan kesehatan untuk mengurangi/membatasi kejadian sakit/ dampak yang ditimbulkan dari kejadian sakit dan mengembalikannya ke keadaan semula dengan senantiasa mempertahankan stabilitas dan juga optimalisasi kesehatan. Pencegahan bentuk ini meliputi:

  • Pembatasan Kecacatan (Disabality Limitation)
  • Rehabilitasi (Rehabilitation)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts