Search Blog

Translate

SPONSOR

Thursday, December 8, 2016

PRINSIP EPIDEMIOLOGI : EVALUASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN



By : Andi Agus Mumang, S.KM
Pada poin ini, diantara hal yang menjadi prinsip seorang ahli epidemiolog adalah menyangkut soal efektivitas dan efisiensi sebuah program pelayanan kesehatan. Dimana dalam epidemiologi studi tentang penilaian kelayakan sebuah pelayanan kesehatan melalui sebuah evaluasi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Dalam ilmu epidemiologi, disiapkan seperangkat metode untuk melakukan penilaian efektivitas dan efisiensi sebuah program pelayanan kesehatan guna mengupayakan pemberantasan dan pengendalian suatu penyakit. Becker (1983) memberikan contoh dalam evaluasi motode pengendalian pada program vaksinasi kolera untuk menurunkan jumlah insiden, dengan program PAB dan Jamban Keluarga. Ternyata metode epidemiologi ini memberikan sebuah hasil nyata bahwa program PAB dan JK sangatlah efektif, mengingat keduanya merupakan faktor proteksi penyakit kolera.

Selain itu, telah diketahui bersama bahwa metode epidemiologi menjadi dasar dalam penyusunan program kerja kesehatan yang berbasis data dan fakta. Hal ini dikarenakan epidemiologi menyediakan data dasar sesuai dengan variabel epidemiologi (orang, tempat dan waktu). Variabel ini memberikan arah terhadap upaya pemberantasan dan pengendalian PM dan PTM.

Dalam hal ini, peran metode epidemiologi juga sangat diperlukan dalam melakukan uji signifikansi terhadap suatu fenomena kesehatan. Informasi inilah yang sangat diperlukan dalam proses penyusunan sebuah perencanaan, yang kemudian dijadikan sebagai dasar menentukan prioritas masalah. Setelah, prioritas masalah ditetapkan maka selanjutnya adalah penentuan tujuan hingga sampai pada rencana aksi yang nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk pelaksanaan operasional.  Keseluruhan tahapan ini selanjutnya akan dimonitoring  dan juga akan dievaluasi sehingga menjadi sebuah siklus tanpa henti yang bersifat kontinu (on going process). Inilah yang dikemudian dikenal sebagai Model Perencanaan Berbasis Epidemiologi.


No comments:

Post a Comment

Popular Posts