Search Blog

Translate

SPONSOR

Tuesday, November 29, 2016

RUANG LINGKUP KESEHATAN MASYARAKAT

By : Andi Agus Mumang, S.KM

Ilmu Kesehatan Masyarakat memiliki cakupun ilmu yang multidispliner. Artinya, ilmu kesehatan masyarakat terdiri dari beberapa disiplin ilmu antara lain,mencakup ilmu biologi, ilmu kedokteran, ilmu kimia, ilmu fisika,ilmu lingkungan, sosiologi, antropologi, psikologi, ilmu pendidikan dan sebagainya. Berdasarkan beberapa disiplin ilmu diatas, secara umum ilmu kesehatan masyarakat memiliki ruang lingkup sebagai berikut :



Epidemiologi

Epidemilogi berasal dari bahasa Yunani, yaitu (Epi = pada, Demos = penduduk, logos = ilmu), dengan demikian epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat. Selain itu, epidemiologi juga bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan penyebaran masalah kesehatan pada sekelompok manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan (Azrul Azwar). baca selengkapnya.

Biostatistik /Statistik Kesehatan

Statistik dipakai dalam masalah-masalah kesehatan, baik dalam rencana, aplikasi, evaluasi, maupun monitoring. Statistik menjadi penting karena setiap pencatatan permasalahan kesehatan diperlukan untuk melakukan perbaikan. Selain itu, biostatistik dapat diartikan sebagai sekumpulan konsep dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data tentang bidang kesehatan dan mengambil kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi.

Kesehatan Lingkungan

Ilmu yang mempelajari studi tentang keadaan lingkungan dan upaya yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan sehat. Kesehatan lingkungan dapat pula didefinisikan sebagai ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekadar pengubahan gaya hidup saja, namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat (HAKLI)

Administrasi Kesehatan Masyarakat

Administrasi kesehatan masyarakat yaitu ilmu berupa kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan memanfaatkan organisasi dan proses manajemen dalam usahanya untuk mencapai tujuan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Gizi Masyarakat

Ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari atau mengkaji makanan yang dikaitkan dengan kesehatan. Adapun ilmu gizi yakni mencakup mulai dari pengadaan, pemilihan, pengolahan dan penyajian. Gizi masyarakat berurusan dengan gangguan gizi pada masyrakat dimana masyarakat mempunyai aspek yang luas, sehingga harus ditangani secara multisektoral.

Kesehatan Kerja

Kesehatan kerja dalam lingkup kesehatan masyarakat sering dikaitkan dengan keselamatan kerja. Untuk itu, dikenal dengan istilah K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). K3 merupakan adalah suatu kondisi yang terjadi pada seseorang dalam hubungannya dengan dunia atau tempat dimana ia kerja.Misalnya, terjadi gangguan kerja akibat suana tempat kerja yang bising, cedera otot tulang, bahaya kebakaran, dan sebagainya.

Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku

ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekadar pengubahan gaya hidup saja, namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat.
  
Manajemen Administrasi Rumah Sakit (MARS)

Manajemen administrasi rumah sakit adalah ilmu yang mempelajari koordinasi antara berbagai sumber daya (unsur manajemen) melalui proses perencanaan, pengorganisasian, kemampuan pengendalian untuk mencapai tujuan rumah sakit.


Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts