Search Blog

Translate

SPONSOR

Tuesday, December 6, 2016

PRINSIP EPIDEMIOLOGI KESEHATAN MASYARAKAT


By: Andi Agus Mumang, S.KM
Epidemiologi sebagai cabang ilmu dalam kesehatan masyarakat memiliki prinsip sebagai alat untuk mengidentifikasi determinan suatu penyakit, riwayat alamiah suatu penyakit, dan klasifikasi suatu penyakit. Epidemiologi pada dasarnya bukannnya hanya diterapkan untuk sebuah kasus penyakit saja, namun juga bisa diterapkan dalam berbagai masalah kesehatan ditinjau dari aspek kesehatan itu sendiri maupun ditinjau dari aspek non kesehatan (aspek sosial, ekonomi, politik dan kebijakan). Selanjutnya, Epidemiologi akan melakukan perencanaan dan evaluasi terhadap program kesehatan.

Berikut adalah uraian mengenai penerapan prinsip epidemiologi :

Indentifikasi Faktor Risiko atau Determinan

Seorang Ahli epidemiologi harus mengetahui secara jelas dan gamblang mengenai faktor risiko suatu penyakit/masalah kesehatan mulai dari fase terekspos sampai fase penanganan kasus. Fase tersebut telah dijelaskan berada pada tahapan simpul pertama dalam simpul manajemen epidemiologi. Dalam tahapan tersebut dilakukan identifikasi faktor risiko sebagai akar permasalahan lalu kemudian diformulasikan dalam sebuah pengembangan hipotesis untuk dibuktikan adanya hubungan atau tidak terhadap kejadian penyakit tersebut. baca selengkapnya

Perjalanan Riwayat Penyakit 

Selengkapnya disini

Mengetahui Klasifikasi Penyakit

Selengkapnya disini

Evaluasi Program Kesehatan

Selengkapnya disini

Referensi : 
  • Hadisaputro S, Nizar M, Suwando A. 2011.  Epidemiologi Manajerial, Teori dan Aplikasi. Semarang: BP Univesitas Diponegoro Semarang.


No comments:

Post a Comment

Popular Posts