Search Blog

Translate

SPONSOR

Wednesday, December 14, 2016

AL-QUR’AN DAN TAJWID : PENGANTAR 4


By: Andi Agus Mumang, S.KM
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN

Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan, diantara keutamaan tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

Membaca Al-Qur’an  akan memperoleh pahala yang banyak

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu :

Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alim lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf ” (HR At-Tirmidzi no. 2910, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat

Dari Abi Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang memberi syafa’at kepada pembacanya” (HR Muslim no. 804)

Membaca Al-Qur’an akan mendatangkan kebaikan bagi pembacanya

Dari istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Orang yang mahir membaca Al-Qur’an , maka ia bersama –sama dengan malaikat yang mulia dan taat, sedangkan yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan mersakan kesulitan maka baginya dua pahala” (HR Muslim no. 798)

Membaca Al-Qur’an merupakan perniagaan yang tidak akan pernah merugi

Uqbah bin Amir berkata, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dan kami berada di Shuffah saat itu, lalu beliau bersabda : “Siapa diantara kalian yang suka setiap hari pergi ke lembah Buth-han atau lembah Aqiq kemudian pulang membawa dua unta gemuk tanpa berbuat dasa dan tanpa memutuskan hubbungan silaturrahim?” Kami menjawab : “Wahai Rasulullah, kami menginginkan hal tersebut”. Beliau bersabda : “Tidaklah salah satu diantara kalian pergi kemudian pergi mempelajari atau membaca dua ayat dari Kitabullah melainkan hal itu lebih baik baginya daripada mendaptkan 2 unta, 3 ayat lebih baik dari 3 unta, 4 ayat lebih baik dari 4 unta, dan sekian banyak jumlah ayat maka itu lebih baik dari sekian jumlah unta.”” (HR Muslim no.803 dan Ibnu Hibban no. 115)

Membaca Al-Qur’an merupakan  nikmat yang lebih baik daripada harta dunia

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Kalam-Nya yang mulia :

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan trang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan pernah merugi, agar Allah menyempurnakan pahala-Nya kepada mereka menambah karunia-Nya. Sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri” (QS Fathir 29-30)


Baca sebelumnya :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts