Search Blog

Translate

SPONSOR

Tuesday, December 6, 2016

SEJARAH LAHIRNYA ILMU EPIDEMIOLOGI DAN PERKEMBANGANNYA : THE LAST EPISODE


By: Andi Agus Mumang, S.KM
Epidemiologi Modern baru mulai diterapkan diluar Amerika dan Eropa pada abad pertengahan ke-18. Pada saat itu, berbagai Negara dihadapkan pada berbagai penyakit dengan infeksi yang akut. Hingga pada abad ke-19 konsep epidemiologi berkembang ke arah penyakit tidak menular (transisi epidemiologi). Pada abad ke-20, penelitian epidemiologi mulai diterapkan menggunakan penelitian eksperimental, karena lebih akurat mengungkap fakta penyebab dan faktor yang berhubungan dengan kejadian penyakit. Lahirlah beberapa tokoh sehubungan dengan konsep tersebut yakni Doll dan Hill (1950) dengan konsep health-related outcomes yakni berkaitan dengan perilaku, pengetahuan dan sikap. Barulah kemudian pada tahun 1974 oleh Hendri L. Blum, menggagas sebuah konsep derajat kesehatan seseorang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan keturunan.
Perkembangan selanjutnya terjadi, seiring dengan perjalanan waktu penerapan epidemiologi mengalami perubahan. Hal ini sebagai dampak dari berkembangnya riwayat alamiah penyakit. Sehingga menjadikan WHO lebih memfokuskan pada spektrum epidemiologi yakni deteksi dini faktor risiko. Seperti gaya hidup, gizi, pekerjaan, lingkungan, dan riwayat kesehatan keluarga. Hal ini merupakan pengembangan epidemiologi yang dipelopori oleh John Graunt, William Farr dan John Snow.
Di abad 21 saat ini, pendekatan epidemiologi lebih berkembang kearah manajerial. Menggunakan model pendekatan sistem. Hal ini didasarkan karena Epidemiologi tidak hanya belajar mengenai faktor risiko dan hubungan sebab-akibat suatu masalah kesehatan saja, namun lebih daripada itu. Hubungan antara faktor yang satu dengan faktor yang lain merupakan hubungan sub sistem secara universal. Hal ini akan lebih mempermudah dalam melakukan analisis epidemiologi secara luas, menyeluruh dan mandalam.*)
baca episode : 1 2 dan 3

No comments:

Post a Comment

Popular Posts