Search Blog

Translate

SPONSOR

Tuesday, November 29, 2016

MOMEN TERINDAH DI KEHIDUPAN MANUSIA


By : Andi Agus Mumang, S.KM
Al Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziah pernah berkata :

"Sesungguhnya bentuk-bentuk keindahan yang diprioritaskan manusia ada 3, yaitu : Keindahan diluar diri manusia, Keindahan pada tubuh (fisik) manusia, dan Keindahan sejati"



Penjelasan :



Keindahan menurut Ibnu Qayyim terdiri dari 3 macam bentuk :


  1. Keindahan diluar diri Manusia artinya keindahan yang tidak dimiliki oleh manusia tersebut secara langsung namun diperolehnya dari luar dirinya. Keindahan seperti ini adalah keindahan yang merupakan "pinjaman" dari orang lain. Keindahan ini diperoleh dari sebab-sebab "Harta dan Kedudukan" yang sifatnya duniawi. Keindahan jenis ini dimiliki oleh orang-orang yang mencintai dunia diantaranya orang-orang kafir.
  2. Keindahan pada tubuh (fisik) Manusia, artinya keindahan yang dimiliki oleh manusia yang berasal dari dirinya sendiri (kecantikan, ketampanan, kesempurnaan fisik,dll). Pada hakikatnya keindahan seperti ini hanya keindahan yang tidak jauh berbeda dengan poin pertama. Kebanyakan manusia mengira bahwasanya keindahan ini adalah cukup bagi dirinya. Padahal ia lupa bahwa keindahan pada manusia tidak terbatas pada apa yang berada pada fisiknya saja. Namun, juga pada apa yang berada dalam ruh dan hatinya. Keindahan jenis ini dimiliki oleh orang-orang yang munafik.
  3. Keindahan yang sejati adalah keindahan yang sesungguhnya, keindahan yang semestinya menjadi impian setiap manusia yakni keindahan yang berasal dari dalam hati dan jiwanya yang dilandasi dengan ilmu dan berbuah dengan amalan sholih. Keindahan inilah yang akan membawa manusia pada keindahan yang sejati dan kekal kelak diakhirat. Dan sebaik-baik keindahan kelak diakhirat adalah, "Melihat Rabb Allah subhanahu wa ta'ala "
Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts